Jun 20, 2011

Mengapa bisa sampai ke tempat ini???


        Anda tahu bagaimana ceritanya saya bisa sampai di tempat orang ini berada di luar pulau? Awalnya mamaku kurang setuju dengan keinginanku untuk kuliah di Jawa. Dia sangat ingin aku kuliah di sekitar Pulau Sumatera saja ( Medan, Palembang, atau Riau). Namun karena aku sangat ngotot ingin merasakan jauh dari orang tua, akhirnya mama ngizinin (walaupun dengan berat hati). Ketika Januari 2009 ada formulir PMDK dari UNS datang ke SMA-ku. Aku ikut walaupun tidak berminat ingin masuk (karena belum ada gambaran tentang UNS di pikiranku). Pada bulan Februari atau Maret aku mengikuti SIMAK UI di Sibolga. Malam sebelum mengikuti SIMAK adalah pengumuman PMDK UNS. Paginya sebelum aku berangkat ujian SIMAK, Abangku menelpon ngabarin kalo aku ketrima di UNS. Pada saat itu perasaanku biasa saja (sombong bgt yak?? hehe) karena memang dari awalnya aku sangat ingin kuliah di "Adm.Niaga"/"Hukum"/"Kriminologi/KeMas" nya UI atau pun di "Perpajakan" nya STAN. Sama sekali tidak berniat mendaftar ulang UNS itu. Sampai batas tanggal akhir, aku tidak mendaftar. Beberapa hari setelah batas akhir tersebut, kami (aku dan 2 teman yang keterima PMDK tapi tidak mendaftar ulang) dipanggil guru. Bapak itu mengatakan bahwa UNS menelepon masih memberi kesempatan jika kami masih mau mendaftar ulang (menyombongkan diri lagi yea..haha). Akhirnya kami mendaftar ulang dan mengurus administrasinya dengan pertimbangan beban sekolah akan di blacklist oleh UNS jika tidak diambil dan juga hanya untuk jaga-jaga jika nantinya tidak ketrima di PTN lain ( betapa sombongnya saya waktu itu..haha)
        Ketika Pengumuman SIMAK, namaku tidak masuk daftar yang diterima. (tidak putus asa, aku berniat mencoba jalur lain). Ketika UN selesai, beberapa waktu kemudian aku hengkang dari rumah (wuo...bahasaku..hehe). Mulai menjadi anak rantau (sebenarnya sih belom karena masih tinggal di tempat saudara). April atau Mei  2009 (aku sudah agak lupa) aku ke Jakarta, bimbingan untuk persiapan UMB dan USM-STAN. Juni aku mengikuti UMB dengan pilihan UI dan USU ( sebenarnya sangat tidak berharap masuk USU karena tidak ada pilihan lain makanya aku buat itu kan universitas yang menerima jalur UMB pada saat itu hanya 6 PT se-Indonesia..betapa sombongnya yak?? hehe). Pengumuman UMB, namaku tidak ada di daftar yang diterima. Bulan Juli nya aku mengikuti USM-STAN. Namun, ketika pengumuman namaku tidak ada di daftar yang diterima juga (ketika itu masih berniat ingin mencoba tahun depannya lagi).
       Kemudian Juli 2009 pertama kalinya menginjakkan kaki di Kota Solo ini untuk mengurus perkuliahan di UNS. Bulan agustus dengan setengah hati, saya mulai kuliah di UNS. Untuk pertama kalinya hengkang dari rumah semenjak kecil dan langsung berada jauh dari rumah, itu sangat berat awalnya. Karena sejak kecil tidak pernah berada jauh dari rumah dalam waktu yang agak lama. Menangis karena jauh dari rumah adalah hal yang tidak pernah saya pikirkan sebelumnya. Saya semakin memahami arti kebersamaan (jadi pesan saya selagi masih bersama gunakanlah waktu sebaik mungkin dengan orang2 terdekat anda, terutama keluarga, karena ketika jauh anda akan sangat merindukan itu). Setelah jauh dari keluarga, saya berjanji dalam diri untuk menjadi anak yang penurut dan adik dan kakak yang baik.
            Semakin lama disini, saya semakin betah. Walaupun awalnya banyak tantangan, seperti penyesuaian akan budaya setempat mulai dari bahasa (sekarang wes iso boso Jowo sitik-sitik..wkwk), kebiasaan (kan Jowo lembut katanya..), makanan ( yg secara umum monoton yaitu maniss), dll. Tak terasa setahun berlalu. Ketika masa-masa SNMPTN atau apapun namanya yang penting penerimaan mahasiswa baru lah, mama masih menanyakan apakah aku masih mau pindah mencoba universitas lain. Namun jawabanku malah tidak lagi. (tentu saja deh..mengingat perjuangan dan pengorbanan selama 2 semester ini akan sangat sayang 45 SKS yang sudah kulalui terbuang begitu saja). Dan aku mulai memahami memang inilah rencana terbaikNya buatku. Solo menjadi tempat terbaik bagiku menimba ilmu.(mulai mempercayai itu..).
Begitulah kira-kira kronologisnya mengapa aku bisa sampai di tempat orang ini. (bahasaku gmn bgt ya..Hehe ^_^)
            Sekarang aku semester 4 (sebentar lagi akan selesai dan lanjut ke semester 5). Berharap aku bisa lulus dengan cepat dengan hasil yang memuaskan (cum laude..*aminnnn). Berharap semoga bisa berhasil di tempat orang ini.
            Awalnya aku bertekad akan pulang pertama kali ke rumah dengan oleh2 gelar SE. Namun karena sudah tidak tahan, sepertinya pada akhir tahun kedua ini saya menyerah. Akan pulang dulu liburan semester ini (malu pada diri sendiri karena tidak komit pada komitmen). Tapi yeasudahlah apa hendak mau dikata..hehe

No comments:

Post a Comment