Jan 8, 2014

Memperpanjang SKCK

          Kali ini saya akan bercerita soal memperpanjang SKCK. Puji Tuhan, tgl 25 tepat jam 00.00 kemarin pengumuman final hasil CPNS di salah satu lembaga pemerintahan, dan nama saya tercantum disana. Setelah melihat pengumuman secara keseluruhan, maka ada beberapa beberapa dokumen yang harus saya persiapkan, beberapa diantaranya: Surat keterangan berbadan sehat dari RS pemerintah, Surat Bebas Narkoba, Surat Keterangan Catatan Kepolisian dan Kartu Kuning/ Kartu Pencari Kerja dari Kemenakertrans. Berhubung saya sudah membuat SKCK dan Kartu Kuning pada Agustus lalu, maka saya tinggal memperpanjang SKCK karna masa berlakunya sudah habis (hanya 3 bulan). Untuk membuat Surat  Keterangan Berbadan Sehat dan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) akan saya bahas di tulisan lainnya.

          Sedikit pengantar, SKCK untuk PNS biasanya diurus di Polisi Resort (Polres) wilayah sesuai dengan alamat kita di KTP. Tp kalau yang swasta kalau tidak salah di Polisi Sektor (Polsek). Berhubung karena KTP saya di Cawang, maka SKCK saya urus di Polres Jakarta Timur, Jatinegara. Jumat 27 Desember saya berangkat ke Polres Metro Jakarta Timur. Belajar dari pengalaman pembuatan SKCK dulu yang ngantri panjang kaya ular, saya pun berangkat pagi sampai di tempat jam setengah 7 gitu. Eh, tau-tau ga ada yang ngantri. Baru jam 8 an ada yang datang yang mau perpanjang juga (kebanyakan pada yang lulus CPNS gitu pada memperpanjang juga).

Adapun dokumen yang harus disiapkan untuk memperpanjang SKCK adalah:
1. SKCK Asli yang lama/ fotokopi
2. Surat Pengantar dari Kelurahan (bagi yang sudah habis masa berlaku > 8 bulan)
3. Fotokopi KTP dan KK
4. Pas Foto 4x6 sebanyak 3-4 lembar (yang ini agak lupa 3 atau 4)

          Setelah jam 8 an lewat, petugas pun mulai melayani. Setelah saya menyerahkan berkas yang sudah saya siapkan dari rumah tadi, saya kemudian dipanggil dan menyerahkan uang administrasi Rp 15.000,-. Sebenarnya di aturan, harga administrasi Rp 10.000,- tapi untuk legalisir bayar Rp 5.000,- (tentu kita butuh legalisir kan ya). Sebenarnya SKCK baru bisa keluar hari itu juga, cuma harus nunggu jam 2 siang kata ibunya. Akhirnya saya putuskan untuk mengambilnya di lain hari (berhubung hari itu keluarga akan jalan2 alias tidak mau ketinggalan hehe). Sebenarnya sabtu pelayanannya buka, cuma karna ingin istirahat, akhirnya saya baru kembali ke Polres Senin 30 Desember. Sampai di ruang pelayanan SKCK, saya menyampaikan tujuan untuk mengambil perpanjangan SKCK. Setelah dicari di tumpukan, ibu petugasnya memberikan SKCK yang baru plus 5 lembar fotokopi yang sudah legalisir. Wah..kalo gini kan simpel ya..berbeda dengan waktu pembuatan SKCK baru dulu yang kita harus pergi keluar Polres untuk fotokopi sendiri (mungkin karena musim CPNS kali ya dulu). 

Untuk contoh penampakan SKCK ini nih :D
Penampakan SKCK

Oh ya, untuk waktu pelayanan SKCK Polres Metro Jatinegara, ada tempelan seperti ini di dekat pintu masuk ruangan SKCK nya :D
Jadwal Pelayanan SKCK

9 comments:

  1. gak sengaja nemu web nya mbak yuca....selamat mbak ketrima cpns... :)
    sukses selalu mbak... [resti]

    ReplyDelete
  2. haha..iya,dek..makasih :)
    sukses juga ya buat skripsinya..semoga cepat kelar :D

    ReplyDelete
  3. klo masa berlaku skck saya sudah habis selama 2 thun lbih apkah msi bisa d prpnjang atau gulang lagi dari awal bkin baru lg mbak ?

    ReplyDelete
  4. Syarat untuk perpanjang skck kalau tidak pakai surat dari kelurahan apa boleh?

    ReplyDelete
  5. Mba ini beneran kalo g sampe 8bulan g usah pk pengantar ya?solanya pnya sy cm baru lwt 4hari nih mba, mhn infonya ya,mksh

    ReplyDelete
  6. sepertinya tidak perlu jika merujuk berdasarkan peraturan yg ditempel :)

    ReplyDelete
  7. kalau bisa skck online lebih cepat nih
    terima kasih infonya

    ReplyDelete
  8. Skck online hanya pengisian formnya saja klo buat baru harus sidik jari dan tetap wajib datang ke polres jakarta timur.
    Kalo yg diluar daerah namun KTP jakarta timur bagaimana??
    Atau tidak ada waktu untuk datang ke polres jakarta timur??

    Saya siap bantu mempermudahnya hub 081226451990 sms atau wa

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete